Visi Sekolah
SMPN 1 Mojolaban memiliki Visi yaitu “Mewujudkan Peserta Didik Berkarakter Pelajar Pancasila, Cerdas, Terampil dan Berprestasi” dengan indikator sebagai berikut :
- Unggul dalam keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
- Unggul dalam jiwa patriot dan nasionalisme, serta mencintai budaya sendiri serta menghormati budaya lain.
- Unggul dalam semangat gotong royong, berkolaborasi atas dasar kemanusiaan dan kepedulian antar sesama.
- Unggul dalam kemandirian, yaitu mampu mengatur pikiran, perasaan, dan perilaku dirinya untuk mencapai tujuan belajar dan pengembangan dirinya baik di bidang akademik maupun non akademik.
- Unggul dalam bernalar kritis, yaitu menerima, menganalisis, dan menyimpulkan berbagai informasi.
- Unggul dalam kreatifitas, mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak bagi orang banyak.
- Unggul dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan efektif, menyenangkan, gembira dan berkualitas dengan pendekatan scientifik
- Unggul dalam berbagai jenis keterampilan sesuai minat, bakat dan potensi peserta didik
- Unggul dalam berbagai prestasi akademis maupun non akademis di berbagai tingkatan
Misi Sekolah
Berdasarkan visi yang telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan suatu misi berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Adapun Misi yang dirumuskan berdasar visi adalah sebagai berikut:
- Mengoptimalkan proses pembelajaran pendidikan agama disertai dengan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari (visi profil pelajar pancasila dimensi beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia)
- Menanamkan jiwa nasionalisme, mencintai budaya sendiri, menghargai budaya lain serta mampu berkomunikasi dan berinteraksi antar budaya. (visi profil pelajar pancasila dimensi berkebhinekaan global)
- Melakukan kolaborasi yang dibangun atas dasar kemanusiaan dan kepedulian kepada bangsa dan negara, sehingga dapat berbagi kepada sesama. (visi profil pelajar pancasila dimensi gotong royong)
- Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan, kewirausahaan, dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan. (visi profil pelajar pancasila dimensi mandiri)
- Membina peserta didik agar bernalar kritis mampu memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. (visi profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis)
- Melatih peserta didik agar berpikir kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. (visi profil pelajar pancasila dimensi kreatif)
- Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan sesuai kurikulum yang berlaku. (visi cerdas)
- Mengembangkan minat, bakat dan potensi peserta didik dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi kekinian. (visi terampil)
- Mengoptimalkan proses pembelajaran, bimbingan, pelatihan dan pembinaan mental agar menjadi peserta didik yang kompetitif. (visi berprestasi)
Tujuan Sekolah
Secara umum Tujuan sekolah untuk periode tahun pelajaran 2022/2023 s.d. 2025/2026 diharapkan sebagai berikut :
- Terwujudnya keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam hati, diucapkan dengan lesan dan dilaksanakan dengan ritual ibadah secara mandiri, khusuk dan konsisten/istiqomah, sesuai syarat dan ketentuan agama yang dipercayainya;
- Terwujudnya pribadi yang berintegritas, bersikap jujur, adil, rendah hati, berperilaku dengan penuh hormat, serta selalu menjaga keseimbangan fisik, mental, spiritual dan intelektual
- Terwujudnya pribadi yang mengutamakan persamaan dan kemanusiaan, menghargai perbedaan dan berempati kepada orang lain.
- Terwujudnya pribadi yang menyadari bahwa dirinya adalah bagian dari ekosistem bumi dan berupaya untuk menjaga kelestarian lingkungan alam sekitar.
- Terwujudnya pribadi yang memahami dan menunaikan hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang baik, dengan menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi
- Terwujudnya pribadi yang berjiwa patriot dan nasionalisme, mencintai budaya sendiri, menghargai budaya lain serta mampu berkomunikasi dan berinteraksi antar budaya.
- Terwujudnya peserta didik yang memiliki kemampuan bergotong-royong secara suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan.
- Terwujudnya peserta didik yang mandiri, mampu mengatur pikiran, perasaan, dan perilaku dirinya untuk mencapai tujuan belajar dan pengembangan dirinya baik di bidang akademik maupun non akademik.
- Terwujudnya peserta didik yang bernalar kritis, yaitu menerima, menganalisis, dan menyimpulkan berbagai informasi. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
- Terwujudnya peserta didik yang kreatif, yaitu mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak bagi orang banyak
- Terwujudnya kegiatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan efektif, menyenangkan, gembira dan berkualitas dengan pendekatan scientifik
- Terwujudnya berbagai jenis keterampilan sesuai minat, bakat dan potensi peserta didik
- Tercapainya berbagai prestasi akademis maupun non akademis di tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, Nasional maupun Internasional